Waspada, Arus Balik Nataru Mulai Padat Berlaku Contraflow Rawan Kecelakaan

Waspada, Arus Balik Nataru Mulai Padat Berlaku Contraflow Rawan Kecelakaan

Jakarta – Kepadatan mulai terjadi di arus balik liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru), jalur tol Jakarta-Cikampek  menuju Jakarta sejak petang hingga malam hari, Rabu 25 Desember 2019. Untuk mengurai kemacetan, petugas kepolisian dan Jasa Marga memberlakukan contra flow.

Pemberlakukan contra flow dilakukan dari arah Cikampek menuju Jakarta yang menggunakan jalur tol Jakarta-Cikampek di KM 47 di wilayah Karawang, Jawa Barat, dari Arah Cikampek menuju Jakarta.

Dari pantauan NTMC Polri, meningkatnya volume kendaraan yang di dominasi oleh mobil pribadi, bus, dan truk truk besar ini membuat padat arus lalu lintas menumpuk penuh

Sementara itu, volume kendaraan dari arah Jakarta menuju Cipali atau Bandung terlihat masih ramai dan lancar. Diperkirakan arus balik liburan Natal di tol Jakarta-Cikampek yang menuju wilayah Jakarta dan sebagainya akan terus meningkat hingga Kamis dini hari, 26 Desember 2019.

Pengelola jalan tol Jakarta-Cikampek, PT Jasa Marga (Persero) memperkirakan, akan ada 338 ribu kendaraan yang kembali ke Jakarta di masa arus balik ini. Arus balik itu baik dari arah timur melalui Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama, maupun dari arah barat melalui GT Cikupa dan selatan melalui GT Ciawi.

Rekayasa Lalu Lintas

Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Dwimawan Heru mengatakan, arus kendaraan menuju Jakarta meningkat. Sekitar 43 persen dari lalu- lintas harian normal yang sebanyak 234 ribu kendaraan. Karena itu, Jasa Marga memprediksi arus balik kembali ke Jakarta sudah dimulai dini hari kemarin (25/12).

“Lalu lintas tertinggi diprediksi dari arah timur yang kembali ke Jakarta melalui GT Cikampek Utama,” kata Dwimawan.

Jasa Marga telah mempersiapkan beberapa langkah antisipasi peningkatan volume kendaraan pada arus balik Natal 2019. Yaitu melalui penambahan kapasitas transaksi di Gerbang Tol dengan menambah unit mobile reader.

Khusus Jalan Tol Japek II Elevated, Jasa Marga juga telah menambah 3 unit Oblique Approach Booth/OAB (gardu akses menyerong). Yaitu di Gerbang Tol (GT) Cikunir 6 untuk pengguna jalan yang menuju ke arah Jatiasih Jalan Tol JORR.

Untuk memastikan kapasitas lajur selama arus balik ini, Jasa Marga dengan diskresi dan koordinasi dengan pihak Kepolisian akan terus melakukan rekayasa lalu lintas contraflow secara situasional.

Sumber artiel: carmudi.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *